Unidar Harus Miliki Daya Saing Global

Unidar Harus Miliki Daya Saing Global

Unidar Harus Miliki Daya Saing Global

Gubernur Maluku Ir. Said Assagaff menyampaikan ucapan Selamat kepada Dr. Farida Mony,

Dra. MM, Rektor Universitas Darussalam Ambon yang baru dilantik, sekaligus memberikan apresiasi yang tinggi kepada semua pihak yang telah menunjukkan komitmen, dedikasi dan loyalitas yang tinggi bagi pengembangan Universitas Darussalam.

Demikian sambutan tertulis Gubernur Maluku yang dibacakan Ir. Lutfi Rumbia Staf Ahli Bidang Pembangunan pada acara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Dr. Farida Mony, Dra. MM sebagai Rektor Universitas Darussalam, bertempat di Gedung Ashari Ambon (12/1/2016).

Menurutnya, kepercayaan yang telah diberikan kepada Dr. Farida Mony untuk

menahkodai Kampus Unidar ini, dapat dijalankan dengan baik, penuh perhatian, kerja keras disertai rasa tanggung jawab yang tinggi, serta didukung dengan pola kerja-sama yang konstruktif antara pihak yayasan dengan universitas.

Pengembangan perguruan tinggi dipengaruhi oleh banyak faktor, antara lain ketersediaan sarana dan prasarana pendidikan, kurikulum, dosen, staf administrasi, dukungan anggaran, dan lain-lain. Namun demikian, salah satu faktor pendukung keberhasilan tersebut, adalah dukungan manajemen dan leadership dari pimpinan perguruan tinggi, utamanya rektor dan jajaran pimpinan fakultas.

Kepemimpinan yang baik, selalu dikaitkan dengan keberhasilan sebuah institusi pendidikan

. Ada korelasi yang signifikan antara peningkatan kinerja institusi pendidikan dengan efektivitas seorang pemimpin. Keberhasilan sebuah institusi pendidikan, tentu perlu didukung juga dengan manajemen, administrasi dan organisasi yang solid.

Kualitas sebuah perguruan tinggi, antara lain dapat dilihat pada kualitas lulusannya, yang mencakup aspek penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, kemampuan mengolah rasa, seni, budaya, serta kemampuan bekerja nyata. Ketiga aspek ini harus dimiliki dan dikembangkan oleh lulusan Unidar kedepan.

Jajaran Unidar mesti memperteguh dan merekonstruksi prinsip TRI DHARMA PERGURUAN TINGGI, serta membuka peluang untuk mengembangkan diri dan mengantisipasi tantangan yang tidak pernah berhenti. Tri Dharma Perguruan Tinggi bukan sekadar tanggung jawab mahasiswa secara simbolik, melainkan sesuatu yang sangat fungsional dan bermakna.

Universitas Darussalam perlu memperkuat pusat-pusat kajian unggulan dan penelitian ilmiah, serta menjadi salah satu kekuatan intelektual yang mampu memberikan pencerahan, solusi maupun lompatan-lompatan strategis secara ilmiah dan terukur, terhadap berbagai permasalahan pembangunan di Maluku. Terutama menyikapi pergeseran paradigma pembangunan nasional yang mulai berorientasi kemaritiman, yang tentunya semakin memperkuat jati-diri ke-Maluku-an kita sebagai daerah berciri kepulauan terbesar di Indonesia.

Assagaff berharap, Universitas Darussalam dan seluruh perguruan tinggi di Maluku, dapat terus berkarya memberikan kontribusi nyata lewat ide-ide kreatif dan inovatif, serta solusi konstruktif yang mampu mendorong pembangunan kemaritiman di daerah ini, guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat Maluku.

Pelantikan ini menjadi momentum yang tepat bagi seluruh jajaran Universitas Darussalam Ambon, untuk menyamakan visi kedepan, menyatukan gerak langkah, serta terus berbenah diri guna menjadikan Unidar sebagai sebuah universitas yang berkualitas dan memiliki daya saing global.(TM02)

 

Baca Juga :