Pengertian Planet Merkurius Dan Penjelasannya

Pengertian Planet Merkurius Dan Penjelasannya

Planet Merkurius

Merkurius

Merkurius dikenal dalam bahasa Arab sebagai utarid, dan dalam bahasa Sanskerta disebut Lintang Buddha. Merkurius adalah planet yang letaknya paling dekat dengan matahari. Jarak rata-ratanya dari matahari kurang lebih 58 juta km. Beredar mengelilingi matahari dalam waktu 88 hari.

Garis tengahnya kira-kira 4.800 km

Hal ini berarti bahwa satu tahun di bumi yaitu 365 hari sama dengan lebih dari 4 tahun di Merkurius. Garis tengahnya kira-kira 4.800 km, hanya sekitar sepertiga lebih be-sar dari bulan kita. Ukurannya yang kecil dan letaknya yang dekat dengan matahari menyebabkan Merkurius sangat sulit dilihat tanpa menggunakan alat bantu, misal teleskop.

Planet Merkurius

Merkurius adalah planet terkecil didalam tata surya dan juga yang terdekat dengan matahari dengan kala revolusi (perputaran atau perubahan lambat) 88 hari dan kala rotasi (perputaran planet mengelilingi matahari) 59 hari. Kecerahan planet ini berkisar diantara -2 sampai 5,5 dalam magnitudo tampak namun tidak mudah terlihat karena sudut pandangnya dengan matahari kecil (dengan rentangan paling jauh sebesar 28,3 derajat). Merkurius hanya bisa terlihat pada saat subuh atau maghrib. Tidak begitu banyak yang diketahui tentang Merkurius karena hanya satu pesawat antariksa yang pernah mendekatinya.

 

Sumber : https://pelajaranips.co.id/