Pengertian Metode Ilmiah Menurut Para Ahli

Pengertian Metode Ilmiah Menurut Para Ahli

Pengertian Metode Ilmiah Menurut Para Ahli

Metode penelitian terdiri dari dua kata yaitu “ metode” dan “penelitian”. berikut ini penjelasan arti kata tersebut.

a. Metode

Kata metode berasal dari bahasa yunani yaitu methodos yang artinya cara atau jalan yang ditempuh. Sehubungan dengan upaya ilmiah, maka metode menyangkut masalah cara kerja untuk dapat memahami obyek yang menjadi sasaran ilmu yang bersangkutan. Ada beberapa pendapat para ahli mengenai pengertian metode, antara lain :
  1. Sulistyo, Basuki (2010 : 92): Metode adalah setiap prosedur yang digunakan untukmencapi tujuan akhir.
  2. Cholid Narbuko dan Abu Achmadi (2007 : 1) : Metode adalah cara yang tepat untuk melakukan sesuatu.
  3. Titus : Metode adalah rangkaian cara dan langkah yang tertib dan terpola untuk menegaskan bidang keilmuan.
  4. Drs. Agus M. Hardjana : Metode adalah cara yang sudah dipikirkan masak – masak dan dilakukan dengan mengikutilangkah – langkah tertentu guna mencapai tujuan yang hendak dicapai.
  5. Rosdy Ruslan : Metode merupakan kegiatan ilmiah yang berkaitan dengan suatu cara kerja (sistematis) untuk memahami suatu subyek atau objek penelitian sebagai upaya untuk menemukan jawaban yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan termasuk keabsahanya.
b. Penelitian
Penelitian atau juga bisa disebut research yang berasal dari kata re dan to search adalah mencari kembali karena sebelumnya sudah ada (meneliti kembali atau menyimpulkan kembali) yang sebelumnya ada prosenya yang tujuan untuk mendapatkan data dengan tujuan serta kegunaan tertentu.

Pendapat beberapa ahli mengenai arti kata penelitian :

  1. Suharsimi Arikunto (2010 : 1) : Penelitian adalah suatu kegiatan monopoli para ahli.
  2. Sulistyo dan Basuki ( 2010 : 20 ) : Penelitian adalah penyidikan khusus berencana, dan berstruktur terhadap pengetahuan.
  3. Drs. Cholid Narbuko dan Drs. H. Abu Achmad ( 2007 :1 ) : Penelitian merupakan suatu kegiatan untuk mencari, mencatat, merumuskan dan menganalisis sampai menyusun laporannya.
  4. Dr. Saifuddin Azwar, MA ( 2009 : 1 ) : Peneliian merupakan rangkaian kegiatan ilmiah dalam rangka pemecahan suatu permasalahan.
  5. Prof. Dr Nana Syaodih Sukmadinata ( 2010 : 5 ) : Penelitian diartikan sebagai suatu proses pengumlan dan analisis data yang dilakukan secara sistematis dan logis untuk mencapai tujuan tertentu.

Sumber:

https://weareglory.com/