Pengertian Komunikasi Bisnis Menurut Para Ahli

Pengertian Komunikasi Bisnis Menurut Para Ahli

Pengertian Komunikasi Bisnis

Pengertian Komunikasi Bisnis

Komunikasi bisnis adalah pertukaran ide dan informasi yang memiliki tujuan tertentu yang disajikan secara personal atau impersonal melalui simbol-simbol atau sinyal.

Komunikasi bisnis melibatkan pertukaran informasi terus-menerus. Bisnis yang lebih diperluas, yang lebih menekankan pada upaya untuk menemukan cara yang lebih efektif untuk berkomunikasi – dengan para pekerja dan dengan dunia luar. Dengan demikian, bisnis dan komunikasi berjalan beriringan.

Dalam komunikasi bisnis ada enam unsur utama, yaitu:

  1. Memiliki tujuan, artinya komunikasi bisnis harus menjadi tujuan yang ditetapkan selaras sebelumnya dengan tujuan organisasi.
  2. Exchange, dalam hal ini melibatkan setidaknya dua orang atau komunikator lbih dan komunikan.
  3. Ide, pendapat, informasi, instruksi adalah isi dari pesan dapat beragam, tergantung pada tujuan, situasi dan kondisi.
  4. Menggunakan saluran yang mungkin wajah pribadi atau impersonal pada wajah, menggunakan media tertentu atau media yang menjangkau jutaan orang secara bersamaan.
  5. Menggunakan simbol-simbol atau sinyal yang adalah alat atau metode yang dapat dimengerti atau dipahami oleh penerima untuk menyampaikan pesan.
  6. Pencapaian tujuan organisasi: salah satu karakteristik yang membedakan dari informasi tujuan organisasi formal atau lembaga yang telah ditetapkan oleh manajemen.

Pengertian Komunikasi Bisnis Menurut Para Ahli

  • Menurut Purwanto (2006:4), Komunikasi bisnis adalah komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis, termasuk berbagai bentuk komunikasi, baik komunikasi verbal atau komunikasi non-verbal untuk mencapai tujuan tertentu. Pada dasarnya bisnis komunikasi dibagi menjadi dua hal: verbal dan non-verbal.
  • Menurut Katz (1994:4),¬†Komunikasi bisnis didefinisikan sebagai pertukaran ide, pesan, dan konsep yang berkaitan dengan pencapaian serangkaian tujuan komersial. Komunikasi bisnis dapat didefinisikan sebagai komunikasi yang terjadi dalam dunia bisnis dalam rangka mencapai tujuan bisnis.
  • Menurut Rosenbaltt (1982:7),¬†Komunikasi bisnis menurut pernyataan ia menyatakan dalam komunikasi bisnis adalah pertukaran gagasan, pendapat, informasi, instruksi dan sejenisnya, disajikan dalam pribadi atau nonpersonal melalui simbol-simbol atau tanda untuk mencapai tujuan perusahaan.
  • Menurut Persing (1981:108), Komunikasi bisnis menurut Persing didefinisikan sebagai proses penyampaian arti dari simbol atau kode yang mencakup semua elemen yang ada hubungannya dengan proses penyampaian dan penerimaan pesan, baik secara lisan maupun dalam bentuk non-verbal yang dilakukan dalam organisasi yang membayar orang bersama-sama untuk menghasilkan dan barang atau jasa pasar untuk keuntungan.
  • Menurut Curtis (1992:6), Komunikasi bisnis sesuai dengan komunikasi dalam organisasi bisnis dalam pertunjukan untuk memecahkan masalah dan membuat keputusan. Menurut posisi yang lebih tinggi dalam bisnis, ia semakin bergantung pada keahlian dari orang lain untuk membuat keputusan dan memecahkan masalah untuk sukses.