Pendaftaran Beasiswa Pelatihan DTS Kominfo 2019 Berakhir 19 Mei

Pendaftaran Beasiswa Pelatihan DTS Kominfo 2019 Berakhir 19 Mei

Pendaftaran Beasiswa Pelatihan DTS Kominfo 2019 Berakhir 19 Mei

aftaran beasiswa pelatihan Digital Talent Scholarship (DTS) 2019 yang digelar Kementerian

Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan berakhir pada 19 Mei 2019. Beasiswa ini ditujukan bagi lulusan sekolah menengah kejuruan (SMK) dan perguruan tinggi yang belum memiliki keahlian cukup untuk memasuki dunia kerja dan usaha.

Menteri Kominfo, Rudiantara menyatakan bahwa gagasan mengenai beasiswa ini merupakan bentuk keprihatinan Menkominfo atas fenomena yang terjadi, dimana lulusan SMK dan perguruan tinggi (PT) tidak memiliki keahlian. “Ini upaya pemerintah dalam memfasilitasi para lulusan SMK dan perguruan tinggi agar mampu menjadi teknisi andal,” ujarnya di Hotel Millenium Jakarta Pusat, Kamis (2/5/2019) seperti dilansir dari web

Program DTS tahun 2019 ini, lanjutnya, untuk up-skilling (meningkatkan keterampilan)

sumber daya manusia (SDM) di bidang komunikasi dan informasi agar dapat meningkatkan produktivitas serta daya saing bangsa.

Ia menjelaskan, empat akademi yang menjadi garis besar program pelatihan kompetensi DTS 2019, pertama fresh graduate academy (FGA). Yaitu, program pelatihan untuk lulusan D3, D4, dan SI bidang teknologi informasi komunikasi serta matematika Ilmu pengetahuan alam (MIPA). Kedua, menyediakan program pelatihan bagi lulusan SMK, yaitu vocational school graduate academy (VSGA). Akademi ketiga adalah coding teacher academy (CTA), sebuah program untuk para guru yang mengajar bidang teknologi, informasi, dan komunikasi (TIK) pada SMK, SMA, SLB serta madrasah aliyah (MA), juga terbuka untuk guru PNS dan non-PNS. Keempat, online academy (OA) adalah program pelatihan secara online bagi masyarakat umum, termasuk ASN, mahasiswa, dan pelaku industri.

“Beasiswa ini terbuka bagi penyandang disabilitas. Beasiswa ini juga turut berkerja

sama dengan 31 perguruan tinggi terkemuka di Indonesia, 23 politeknik, dan 4 perusahaan besar teknologi global, yaitu AWS, Cisco, Google, dan Microsoft,” paparnya.

 

Baca Juga :