Fungsi Danau dan Penggolongan Danau

Fungsi Danau dan Penggolongan Danau

Berdasarkan proses terbentuknya

  1. Danau vulkanis : danau yang terbentuk akibat proses pergerakan vulkanis. Danau seperti ini sering disebut danau kaldera atau danau maar.
  2. Danau tektonis : danau yang terbentuk karena pergerakan tektonis kerak bumi yag menyebabkan terbentuknya cekungan yang dapat terisi oleh air .
  3. Danau dapat terbentuk sebagai akibat glasier yang telah bergerak mundurdari posisi sebelumnya.
  4. Danau dapat tebentuk akibat longsor atau terbentuknya halangan akibat aktifitas glasial.
  5. Danau tapal kudaatau danau mati dapat terbentuk dilembah-lembah sungai akibat proses meandering.

Berdasarkan kekayaan unsur haranya (nutrien)

  1. Danau oligotrofik : danau yang memiliki konsentrasi kehidupan tumbuhannya rendah. Air danau biasanya jernih.
  2. Danau mesotrofik : danau yang airnya cukup jernih dan kandungan nutriennya sedang.
  3. Danau eutrofik : danau yang kaya akan nutrien sehingga tumbuhan tumbuh dengan baik dan kemungkinan terjadi ledakan populasi alga (alga bloom).
  4. Danau hipertrofik adalah danau yang telah mengalami pengayaan nutrien dalam tingkat yang sangat hebat. Air danau ini kurang jernih dan seringkali terjadi alga bloom.

Fungsi Danau

Danau memiliki fungsi ekonomi yang sagat penting. Salah satu fungsi tersebut ialah perikanan , baik budidaya maupun perikanan tangkap. Selain itu, danau juga memiliki fungsi jika ditinjau dari sisi tata air (antara lain mencegah kekeringan dan banjir) dan dalam kaitannya dengan penyediaan air bersih, baik untuk minum, irigasi, maupun industri. Dengan demikian, danau memiliki fungsi sebagai penyangga kehidupan.

Jika ditinjau dari segi ekosistem, danau merupakan tempat hidup berbagai organisme, termasuk bersifat endemik, mulai dari ikan hingga burung air.Tidak hanya penting bagi plasma nutfah dan konservasi alam, danau juga dapat dijadikan sebagai tempat wisata.Pemanfaatan danau sebagai objek wisata dapat memicu ekonomi masyarakat sekitar.Akan tetapi, pemanfaatan danau sebaiknya dilaksanakan dengan pengelolaan yang baik dan terkendali.Hal ini harus dilakukan untuk mencegah terjadinya kerusakan pada danau.

Baca Juga :