Dinas P dan K Gelar Forum RKPD Bidang Pendidikan

Dinas P dan K Gelar Forum RKPD Bidang Pendidikan

Dinas P dan K Gelar Forum RKPD Bidang Pendidikan

Saat ini Pemerintah, termasuk Pemerintah Provinsi Maluku terus berupaya

meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan, dan berbagai kebijakan serta program telah dan akan dilakukan dalam rangka meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan, karena pendidikan pada dasarnya merupakan hak setiap warga Negara.

Manajemen sistem pendidikan harus didesain dan dilaksanakan secara terpadu dan sistematis, yang diarahkan pada peningkatan akses pelayanan pendidikan yang seluas-luasnya bagi masyarakat.

Demikian sambutan tertulis Gubernur Maluku yang dibacakan Kepala Dinas P dan K Provinsi Maluku Drs. M. Saleh Thio, M.Si saat membuka dengan resmi Forum Rencana Kerja Pembangunan Daerah Bidang Pendidikan dan Kebudayaan Promal tahun 2016 bertempat di hotel Pacific Ambon Rabu (18/2).

Forum Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) ini merupakan salah satu

bentuk tanggung jawab dari seluruh pemangku kepentingan bidang pendidikan terhadap keberlangsungan dan peningkatan mutu pendidikan di Provinsi Maluku.

Berbagai upaya peningkatan mutu pendidikan di Provinsi Maluku telah menunjukkan peningkatan yang signifikan. Pada tahun 2015 Angka Melek Huruf di Provinsi Maluku di atas 99 persen. Capaian APK SD, SMP, SMA/SMK telah mencapai kategori tuntas paripurna, yakni lebih dari 95 persen atau APK SD 114,99 persen, SMP 98,57 persen serta SMA/SMK 97,50 persen.

Peningkatan mutu yang terukur melalui instrumen Hasil Ujian Nasional pada seluruh

jenjang pendidikan mencapai 99 persen, meskipun pada saat yang sama capaian hasil Integritas UN tahun 2015 masih di bawah 75 persen.

Dalam bidang non akademik banyak prestasi yang telah di raih oleh para siswa di Maluku, baik dalam event nasional maupun internasional. Pada event internasional yakni penyelenggaraan Olimpiade Siswa Internasional yang berlangsung di Jerman beberapa waktu lalu, siswa SMA Ahmad Yani Ambon atas nama Sharon Ririhena memperoleh prestasi terbaik dengan meraih medali Emas. Pada even nasional, peserta Olimpiade Sains Nasional (OSN), Lomba Karya Ilmiah Remaja dan Lomba akademis telah banyak prestasi yang ditunjukan oleh siswa di Maluku.

Yang perlu mendapat perhatian yaitu hasil Uji Kompetensi Guru (UKG) sebagai salah satu indikator mutu pendidik, masih menunjukkan hasil yang memprihatinkan yaitu masih berada di peringkat terbawah Nasional.

Pada tahun 2015 Provinsi Maluku mendapat program afirmasi bagi guru yang belum S1 dari pemerintah pusat. Program ini sangat terkait dengan program peningkatan mutu pendidikan yang menjadi program prioritas saat ini yakni program beasiswa S1, S2 dan S3.

Diharapkan, Forum RPKD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tingkat Provinsi Maluku Tahun 2016 dapat dijadikan sebagai momentum strategis untuk mengoptimalkan capaian dan target program pendidikan di Provinsi Maluku, dalam membangun sinergitas perencanaan, antara Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota yang terukur dan berkelanjutan, dengan pelaksanaan yang benar, tepat dan terkordinir serta melalui pengendalian dan pengawasan yang efektif.

Ketua Panitia Drs. Hadi Sulaiman, M.Si melaporkan, jumlah peserta 44 orang terdiri dari Dinas P dan K dan Bappeda 11 kabupaten/kota, Perguruan Tinggi dan LPMP Provinsi Maluku.

Tujuannya adalah: Harmonisasi program dan kebijakan pendidikan ditingkat Pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota, Evaluasi capaian program Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2015, Sosialisasi arah kebijakan program pendidikan tahun 2016 termasuk master plan pendidikan tahun 2014-2019, dan Implementasi data P3D untuk implementasi UU Nomor 23 tahun 2014.(TM02)

 

Sumber :

https://balikpapanstore.id/keutamaan-puasa-senin-kamis/