Berapa Iuran BPJS Kesehatan Tiap Bulannya

Berapa Iuran BPJS Kesehatan Tiap Bulannya

Berapa Iuran BPJS Kesehatan Tiap Bulannya

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa harga atau tarif atau biaya iuran BPJS itu sesuai dengan kelas yang telah dipilih, dan setiap kelas memiliki besaran yang berbeda. Penting untuk diketahui bahwa peserta wajib membayar iuran ini tiap bulannya, apabila terjadi penunggakan maka kartu BPJS kesehatan ini tidak dapat digunakan sebelum peserta melunasi tunggakan tersebut.

Sistem yang dipakai BPJS ini berbeda dengan jaminan kesehatan atau asuransi lainnya, yang mana BPJS Kesehatan menerapkan sistem GOTONG ROYONG. Iuran yang dibayarkan peserta BPJS tiap bulannya akan digunakan untuk membiayai peserta lainnya yang sedang sakit, begitu juga sebaliknya bila kita sedang sakit maka akan dibiayai oleh peserta lainnya dan tidak ada tabungan sebagaimana asuransi pada umumnya.


Iuran BPJS Kesehatan Kelas 1 = Rp 80.000

Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 10 Tahun 2016, telah ditetapkan bahwa tarif BPJS Kesehatan Kelas 1 sebesar Rp 80.000 per orang untuk tiap bulannnya. Peserta kelas 1 akan memperoleh fasilitas rawat inap sesuai dengan kelas yang telah dipilih yaitu peserta BPJS memperoleh kamar kelas 1 dan biaya perawatan tersebut akan ditanggung oleh pihak BPJS Kesehatan.


Iuran BPJS Kesehatan Kelas 2 = Rp 51.000

Sesuai dengan peraturan di atas, untuk kelas 2 ditetapkan iuran BPJS – nya sebesar Rp 51.000 per orang tiap bulannya. Diharapkan peserta tidak menunggak pembayaran, karena apabila menunggak kepesertaannya akan diberhentika untuk sementara waktu hingga peserta tersebut melunasi tunggakkan iuran BPSJ tersebut.

Fasilitas yang didapatkan oleh peserta kelas 2 yaitu memperoleh kamar rawat inap kelas 2, peserta dapat naik kelas ke kamar rawat inap kelas 1. Akan tetapi peserta harus membayar sendiri selisih dari yang telah ditanggung oleh pihak BPJS Kesehatan.


Iuran BPJS Kesehatan Kelas 1 = Rp 25.500

Untuk iuran BPJS kelas 3 yaitu sebesar Rp 25.500 per orang per bulan, kelas ini merupakan kelas yang paling bawah dengan iuran yang sangat terjangkau. Namun jika peserta tidak mampu untuk membayar iurannya, disarankan untuk mendaftarkan diri menjadi peserta PBI.


Baca Artikel Lainnya: