Bangkitkan Seni Musik Tradisional, Pasaman Barat Gelar Lomba Seni Siswa

Bangkitkan Seni Musik Tradisional, Pasaman Barat Gelar Lomba Seni Siswa

Bangkitkan Seni Musik Tradisional, Pasaman Barat Gelar Lomba Seni Siswa

Alunan seni musik tradisional Mandahiling yang dibawakan oleh siswa SDN 02 Ranah

Batahan dalam kegioatan Festival dan lomba seni siwa nasional (FLS2N) tingkat SD, SMP, SMA se Pasaman Barat (Pasbar), di Aula Kantor Bupati, Kamis (28/4/2016) ternyata mampu membuat Bupati Drs. H. Syahiran terpukau. Dia mengatakan, sebenarnya masing-masing daerah di Sumbar banyak memiliki musik tradisional namun cendurung dilupakan oleh generasi muda sekarang.

Untuk itu Pemkab Pasbar kembali membangkitkan kesenian musik tradisional dengan melakukan pembinaan dan perhatian khusus dari pemrintah daerah katanya. Dia menyebutkan, semua seni musik tradisional yang ada di Bumi Tuah Basami itu, baik seni musik tradisional Minang, Mandahiling maupun Jawa perlu dilestarikan dan dijaga.

“Saya berharap itu, terutama genearsi muda, kemabali menyemarahkakan kesenian ini dalam berbagai kegiatan dengan melibatkan tokoh adat dan tokoh masyarakat,” kata Bupati dilansir dari pasamanbaratkab.go.id.

Sementara itu Plt Kepsek SD 02 Ranah Batahan Cholid bin Wahid, S.Pd,diwakili oleh sulpa Yandri S.Pd

menyebutkan, tujuan dari perlombaan itu untuk membangkitkan dan melesarikan kembali musik tradisional yang ada di Pasbar, khususnya kesenian mandahiling. Musik kesenian yang dimainkan para siswa kami tadi, biasanya dimainkan untuk menyambut tamu dan acara pernikahan.

Kesenian tradisional Mandahiling ini terdiri dari pencak silat dan tor-tor ujarnya. Dengan ditampilkan musik tradisional Mandahiling ini dalam FLS2N ini dapat memotivasi generasi muda Mandahiling unutuk semakin mencintai dan melestarikan budayanya sendiri dengan tidak mengabaikan musik kesenian lainnya.

Salah seorang ninik mamak Ranah Batahan, Ahlan Nizar S, mengapresiasikan kegiatan ini dengan maksud untuk membangkitkan kembali kesenian tradisional yang ada, khusunya kesenian mahdahiling yang selama ini cendrung diabaiakan generasi muda.

“Saya berharap kepada Bupati Syahiran untuk mengangkat kembali marwah musik kesenjatradisonal

yang selama ini kurang diperhatikan. Jika perlu bupati menyedikan dana kesenian ini APBD melalui dinas terkait,” pinta manatan Sekdis DPE dan Dinas Koperindang dan UKM Iini.

Berdasarkan hasil penilaian dewan juri, lomba seni musik tradisonal untuk Tingkat SD, juara 1 diraih SDN 16 Pasaman , jauara 2 SDN 02 Ranah Baatahan dan juara 3 SDN 07 Koto Balingka. untuk SLTP , Juara 1 SMPN 2 Pasaman. Juara 2 SMPN 3 Kinali dan Juara 3 SMPN 2 Luhak Nan Duo sementara untuk tingkat SLTA diraih oleh SMAN 1 Talamau. Untuk tingkat SLTA hanya memiliki satu peserta dari seluruh SLTA se Pasbar, maka dinyatakan SMAN Talamau pemenang tunggal, ujarnya dewan jri Mulia Hasuburan S.Sn didampingi Rko Gusmanto S.sN dan Ifa Saputra . S.Pd.

 

Baca Juga :